Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

ISRA MIKRAJ, MOMENTUM TINGKATKAN IMAN DAN TAKWA

Terbit : Jumat, 26 Januari 2024 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan

Pejagoan – Jumat (26/1), nuansa berbeda terasa dalam kegiatan Jus Tomat (Jumat Semangat Tingkatkan Orientasi Iman dan Takwa) SMA Negeri 1 Pejagoan. Hal ini karena kegiatan Jus Tomat bagi siswa yang beragama Islam pada Jumat ini sekaligus digelar dalam rangka peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad saw. Menghadirkan Gus Nur Fauzan, S. Pd., M.M. (pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah Al Asyafi’iyah, Kebumen), kegiatan yang mengangkat tema Tumbuhkan Ketakwaan Generasi Pelajar dengan Meneladani Akhlak Rasulullah saw berjalan lancar dan penuh khikmah.

Dalam tausiahnya, Gus Fauzan menyampaikan bahwa peristiwa Isra Mikraj merupakan bagian dari syiar agama Islam. Peringatan Isra Mikraj mengajak umat Islam agar tidak lupa akan peristiwa besar dan hebat tentang turunnya perintah salat lima waktu. Isra Mikraj adalah salah satu peristiwa penting dalam ajaran Islam. Lewat kejadian itu, Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dinaikkan ke langit ke tujuh dalam waktu semalam. Sebagai manusia yang beriman, diharapkan kita tidak berpikir bahwa Isra Mikraj adalah peristiwa yang tidak masuk akal, tapi lebih sebagai peristiwa yang akal kita belum sampai untuk memahaminya. Isra Mikraj yang dilakukan Rasulullah menjadi momentum khusus baginya untuk memperkuat keimanan dan keyakinannya dengan risalah dan ajaran yang dibawanya. Dalam peristiwa itu, Allah SWT memperlihatkan tanda-tanda kebesarannya yang agung. Menurut ulama, Isra Mikraj terjadi satu tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah, yaitu tanggal 27 Rajab.  

Selain memaparkan tentang peristiwa isra mikraj, Gus Fauzan juga mengajak untuk mencintai, mengikuti, dan meneladani akhlak Rasulullah dan menjadikannya sebagai panutan dalam menjalani segala aktivitas kehidupan. Rasulullah adalah sebaik-baik teladan di dunia. Pemahaman yang baik tentang peristiwa Isra Mikraj dengan segala keajaiban kekuasaan Allah SWT diharapkan memotivasi siswa untuk terus menjadi pribadi yang berakhlak baik.

Di lain tempat, guna meningkatkan iman dan takwa, siswa yang beragama Kristen dan Katolik mengadakan kegiatan pendalaman Alkitab dipimpin oleh Pnt. Sri Raharjo, S.Pd. Pada kesempatan kali ini, tema yang diambil adalah  Eskatologi yang didasarkan pada Matius 24, ayat 4 -14. Melalui pendalaman Alkitab ini diharapkan anak-anak memiliki pemahaman tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua seperti janjiNya. Anak-anak juga diharapkan memahami tanda-tanda akhir zaman yang menyertainya dan bisa menjalani kehidupan imannya dengan benar sehingga pada saatnya nanti Tuhan mendapati umatnya berdiri dalam iman yang kokoh. Selain itu, anak diharapkan menjaga imannya serta tetap waspada untuk tidak hanyut dalam dunia yang makin tersesat dan menjauh dari Tuhan.

Semoga adanya kegiatan ini dapat membuat semua warga SMA Negeri 1 Pejagoan menjadi pribadi yang mematuhi aturan-aturan agamanya, menjalankan perintah, dan menjauhi apa yang dilarang. Hingga pada akhirnya terciptalah pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan. (Red)

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru