Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

BBGP JAWA TENGAH MONITORING DAN EVALUASI KOMBEL SESARENGAN

Terbit : Rabu, 27 Maret 2024 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi, Tim Monev Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah, Ari Sulistiyowati, S.Pd., M.Pd dan Nugroho Purwo Utomo melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Pejagoan pada hari Selasa, 26 Maret 2024. Kegiatan yang difokuskan di aula sekolah ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh Tim BBGP, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengurus komunitas belajar, Tim TPMPS, serta perwakilan guru dan karyawan. Kegiatan monev itu sendiri bertujuan untuk mengevaluasi program komunitas belajar yang sudah dibentuk dan telah dijalankan serta memberikan masukan untuk peningkatan ke depan.

Dalam sambutannya, selain mengenalkan seluruh peserta yang hadir, Kepala Sekolah, Erna Umu Nurlaela, S.Pd, M.Eng. juga mengenalkan Komunitas Belajar SMA Negeri 1 Pejagoan yang diberi nama Komunitas Belajar Sesarengan. Dijelaskan bahwa penamaan Sesarengan sesuai dengan tagline sekolah yang selaras dengan cita-cita untuk mewujudkan sekolah yang sehat, aman, ramah, dan menyenangkan. Selanjutnya, beliau pun menunjukkan hasil dari kegiatan guru dan siswa sebagai perwujudan karya setelah berdiskusi dalam komunitas belajar. Dengan prinsip kebersamaan yang diusung, Kombel Sesarengan Smanja menunjukkan bahwa menjadi hebat sendirian itu adalah hal yang biasa, namun hebat bersama-sama adalah hal yang luar biasa.

 

Keyakinan bahwa kita bisa membuat sesuatu yang beda karena kita berbeda menjadi penyemangat bagi Kombel Sesarengan Smanja untuk tidak mengekor kebiasaan ataupun karya dari sekolah lain dan berusaha untuk terus berinovasi serta mengembangkan karya-karya yang baru. Selain itu, Kombel Sesarengan juga benar-benar difungsikan menjadi wadah dari semua kegiatan diskusi terkait program sekolah. Harapannya, semua kegiatan yang dilaksanakan dipahami bersama oleh seluruh warga sekolah, dan jika harus menularkan kepada para siswa, guru-guru yang akan membimbing juga sudah memahami materi dengan baik. Sebagai contoh riil yang sudah dilaksanakan yaitu kegiatan sosialisasi dan diskusi menjelang pelaksanaan kegiatan P5. Sebelum pelaksanaan, terlebih dahulu semua warga sekolah membahas topik dari kegiatan P5 yang akan dilaksanakan. Setelahnya, tim yang mendapat tugas akan bekerja sama untuk menyusun modul kegiatan sesuai tema yang dipilih untuk dilaksanakan.

Mencermati karya-karya yang dihasilkan dan paparan tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan, Ari Sulistiyowati mewakili tim monev BBGP Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan rasa kagum dan apresiasi yang tulus untuk Tim Kombel Sesarengan Smanja. Bahkan beliau menyarankan Tim Kombel Sesarengan untuk mengikuti berbagai perlombaan yang digelar oleh BBGP. Kegiatan yang padat, jauh di atas ekspektasi dengan dukungan berbagai karya yang ditampilkan menjadi bukti bahwa Kombel Sesarengan Smanja sudah sangat layak untuk berkiprah lebih luas dan tidak lagi hanya fokus untuk mengembangkan komunitasnya sendiri saja.

Dengan dukungan penuh dari BBGP Jawa Tengah serta komitmen untuk perubahan menjadi lebih baik, semoga Kombel Sesarengan Smanja bisa terus bertumbuh menjadi lebih produktif dan semakin banyak melahirkan inovasi bidang pendidikan. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar