Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PERJALANAN MENGAMBIL BADGE GUDEP 15.85.86

Pejagoan – Kegiatan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma. Karakter yang dimilki haruslah yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai upaya membentuk generasi yang disiplin, mandiri, dan berjiwa tangguh, Gudep 15.85.86 pangkalan SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan Pengambilan Badge dengan tema Melalui Pramuka wujudkan generasi yang disiplin, mandiri, dan berjiwa tangguh pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023.

Dalam upacara pembukaan, Kepala SMA N 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng, yang bertindak selaku pembina sekaligus membuka kegiatan menyampaikan pesan,  “Semua peserta harus mampu menjaga sikap dan perilaku terhadap warga masyarakat serta lingkungan sekitar selama di perjalanan, karena anak-anak SMA N 1 Pejagoan adalah anak yang berkarakter. Kegiatan Pramuka sebagai ekstra wajib yang harus diikuti para siswa sangat diharapkan mampu memunculkan karakter jujur, disiplin, serta tanggungjawab dalam kegiatan ini.”

Kegiatan berikutnya yakni pengembaraan. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi kelas X akan melakukan perjalanan dengan rute melalui jalan raya Sokka ke timur sampai dengan kantor Pos Pejagoan, kemudian berbelok ke arah utara dan kembali lagi ke SMA N 1 Pejagoan. Mereka melewati 8 (delapan) pos, di antaranya Pos Agama, Pos Sejarah Pramuka, Pos PBB, Pos Sandi Morse, Pos Tali Temali, Pos Pionering, Pos Sandi Kotak, dan terakhir  Pos Pengambilan Badge yang finish di SMA N 1 Pejagoan.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan pada pukul 15.00 WIB. Sebagai pembina upacara sekaligus Waka Kesiswaan, Elin Marlina S.Pd, menekankan bahwa kegiatan pada hari ini berjalan baik, tidak ada unsur-unsur kekerasaan. Artinya, semua kegiatan dilakukan dengn baik sesuai dengan unsur- unsur kepramukaan. Semua dilaksanakan untuk memupuk jiwa dan karakter yang sudah baik untuk lebih baik lagi agar bisa menjadi anggota pramuka yang bisa mempunyai daya juang tinggi. Selain itu, beliau juga menyampaikan apresiasi karena upacara penutupan bisa dilakukan lebih awal dari jadwal berkat kerjasamanya dari seluruh dewan, pembina, serta kerjasama kooperatif dari kelas X selaku peserta pengambilan badge. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat