Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PENERIMAAN TAMU AMBALAN GUDEP 18.85.86 PANGKALAN SMA N 1 PEJAGOAN

Pejagoan – Kepramukaan adalah suatu proses pendidikan di luar sekolah dan keluarga yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan serta di bawah pengawasan orang dewasa. Tingkatan dalam kepramukaan itu sendiri terdiri dari siaga, penggalang, penegak, dan pandega.

Tingkatan kepramukaan di tingkat sekolah menegah atas adalah penegak. Salah satu kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak yaitu Penerimaan Tamu Ambalan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju pramuka penegak serta untuk lebih mengenalkan kegiatan Pramuka di SMA N 1 Pejagoan. Untuk itu, sesuai dengan program kerja tahun 2023/2024, Dewan Penegak SMA N 1 Pejagoan, pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 mengadakan Penerimaan Tamu Ambalan bagi seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan.

Rangkaian kegiatan PTA dengan tema “Menjadi Anggota Pramuka Multitalenta, Bertaqwa dan Berwibawa” antara lain, upacara pembukaan, penjelasan tanda gudep, fun game, membuat kesepakatan bersama, dan tukar kado. Adapun peserta kegiatan perkemahan ini adalah seluruh calon anggota penegak kelas X sejumlah 360 siswa,  pasusja 27 siswa, calon pasusja 34 siswa, serta pembina yang sejumlah 15 orang. Selain itu, turut hadir perwakilan dari OSIS dan juga PMR.

Sebagai pembina upacara dalam pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan, Elin Marlina, S.Pd., Waka Kesiswaan SMA N 1 Pejagoan,  menyampaikan apresiasi kepada seluruh siswa kelas X yang telah melaksanakan upacara dengan penuh khidmat. Apresiasi juga diberikan kepada seluruh dewan kerja dan pembina yang telah mempersiapkan kegiatan dengan baik sehingga dapat berjalan lancar.

Selanjutnya, beliau menyampaikan  beberapa pesan kepada siswa kelas X, di antaranya tentang pentingnya implemtasi nilai-nilai yang ada dalam Tri Satya dan Dasa Dharma untuk menguatkan jiwa kepramukaan. Lebih lanjut beliau menyampaikan tentang filosofi  pohon kelapa yang dari akar, batang, daun hingga buahnya memiliki manfaat. Harapannya, siswa SMA N 1 Pejagoan juga dapat bermanfaat untuk orang lain, meskipun dalam hal kecil. Di akhir sambutan, beliau menyampaikan juga bahwa di dalam kegiatan pramuka tidak ada perpeloncoan dan tetap dengan suasana gembira serta penuh kehangatan.

Kesan positif tentang kegiatan PTA disampaikan oleh salah satu peserta, Tyas Masrurotus Sholehah, kelas X.G, “Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan sangat menyenangkan, dan jauh dari kesan seram. Kakak dewannya ramah dan baik. Harapannya untuk kegiatan selanjutnya lebih bervariatif dan inovatif lagi, khususunya kegiatan fun game. Dan  nantinya di kelas XI saya juga ingin terjun ke kegiatan pramuka mengikuti jejak kakak dewan,” tuturnya. (Red)

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan dan dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta oleh pembina upacara, yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta Penerimaan Tamu Ambalan. Pelepasan tanda peserta menandakan kegiatan telah berkhir dan seluruh kelas X telah dinyatakan resmi diterima sebagai tamu ambalan di gudep 15.85.86 pangkalan SMA Negeri 1 Pejagoan. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat