Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Nobar Literasi Digital Siswa Smanja

Terbit : Kamis, 18 Mei 2023 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan / Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Guna menyiapkan dan membekali masyarakat agar bijak dalam bersosmed tanpa adanya cyberbullying, Kemenkominfo, Makin Cakap Digital dan Siber Kreasi menyelenggarakan Kegiatan Webinar Literasi Digital. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa-siswi di wilayah Cabang Dinas IX Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan Nota Dinas dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Nomor 005/976 tentang Pelaksanaan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Tahun 2023, SMA Negeri 1 Pejagoan turut berpartisipasi mengikuti kegiatan webinar. Berpusat di aula, sebanyak 295 siswa dan 20 guru pendamping mengikuti kegiatan ini

Kegiatan yang berdurasi dua jam ini dimulai pukul 09.00 WIB via zoom meeting. Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Beberapa narasumber yang turut meramaikan acara ini di antaranya Anang Dwi Santoso, SIP., MPA. (Dosen Universitas Sriwijaya), Yusuf Mars (Founder PadasukaTV), Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., MM. (Kepala Cabng Dinas Wilayah IX Prov. Jawa Tengah, dan Samuel A. Pangerapan, B.Sc., M.M (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika).

Dalam pemaparannya Anang Dwi Santoso dan Yusuf Mars menyampaikan bahwa dalam era digital seperti saat ini, masyarakat harus cerdas, positif, kreatif dan produktif. Hal ini akan membuat masyarakat dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi informasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Di penghujung materi, Kepala Cabang Dinas IX, Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., MM menjelaskan bahwa masyarakat, khususnya pelajar dalam memanfaatkan dan menggunkan media sosial harus bijak dan etis. Mereka dapat memanfaatkan media sosial untuk mengerjakan tugas sekolah, mengorganisasi berbagai kegiatan, berkomunikasi ataupun sebagai hiburan yang bersifat positif. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa ada beberapa etika yang harus dimiliki oleh pengguna media sosial, yaitu kesadaran, kejujuran, dan kebajikan.

Semoga dengan pendampingan dan upaya pemahaman yang berkelanjutan akan mampu membentuk generasi Indonesia yang cerdas, kreatif, jujur, beretika, positif, serta penuh dengan kebajikan yang tidak mudah terpengaruh dengan berita hoaks dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar