Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

KOLABORASI SMAN 1 PEJAGOAN DAN UNSOED DALAM KEGIATAN P5

Terbit : Jumat, 1 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan P5, pada hari Selasa (14/11) SMA Negeri 1 Pejagoan kembali menggelar tahap literasi Projek P5 kelas XI dengan tema Berekayasa Berteknologi untuk Membangun NKRI. Bertempat di aula kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas XI, fasilitator, dan manager projek. Kegiatan literasi ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB s.d 12.00 WIB. Literasi projek P5 kali ini begitu istimewa karena menghadirkan para pakar ilmu fisika dari UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman) Purwokerto. Kehadiran mereka disambut antusias oleh siswa karena dapat belajar bersama para pakar fisika adalah hal yang sangat dinantikan oleh siswa. Apalagi mereka berasal dari salah satu perguruan tinggi favorit siswa.

Diketuai oleh Wihantoro, S.Si., M.Sc., tim dari UNSOED ini terdiri dari para pakar fisika yang kesehariannya berprofesi sebagai dosen Fakultas MIPA dan juga peneliti. Mereka adalah Hartono, S.Si., M.Si., Aris Haryadi, S.Si., M.Si., dan Dr. Eng. Mukhtar Effendi. Keempat dosen tersebut secara sengaja menyempatkan diri untuk berbagi ilmu yang selama ini mereka geluti dan meracuni siswa-siswi dengan ilmu fisika.

Dalam sambutannya, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng., selaku kepala SMA Negeri 1 Pejagoan menyampaikan penghormatan dan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada para narasumber karena di tengah-tengah kesibukannya masing-masing masih berkenan meluangkan waktu untuk mengunjungi SMA Negeri 1 Pejagoan. Selain itu, ia berharap setelah hadirnya para ahli fisika ini siswa-siswi SMA Negeri 1 Pejagoan akan menjadi anak-anak yang melek teknologi.

Dimulai dengan pemberian motivasi belajar, Wihantoro, S.Si., M.Sc., membuka materi dari tim UNSOED. Menurutnya jika ingin sukses dalam belajar maka hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengubah mindset belajar menjadi sebuah hobi. Hobi adalah sebuah kesenangan, jika belajar dilakukan sebagai sebuah hobi maka kegiatan belajar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Oleh karena merupakan sebuah hobi maka hasil belajar pun menjadi sangat memuaskan. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa ilmu fisika adalah ilmu tentang fenomena alam. Jadi, belajar fisika sama saja dengan belajar kehidupan sehari-hari. Banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan ilmu fisika yang bisa digali dari fenomena alam atau kehidupan sehari-hari.

Dr. Eng. Mukhtar Effendi menambahi pemaparan Wihantoro, S.Si., M. Sc. dengan materi sumber energi terbarukan yaitu sel surya atau sel fotovoltaik. Dalam paparannya ini, ia menjelaskan mengenai teknis pemanfaatan sel surya dan komponen-komponennya. Paparan tersebut dikuatkan oleh Hartono, S.Si., M.Si. yang memberikan materi demo pemanfaatan sel surya.  Adanya demo ini diharapkan siswa menjadi paham mengenai bentuk tersederhana dari energi terbarukan, sel surya. Siswa-siswi pun tampak antusias memperhatikan demo cara mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ia pun memberi kesempatan siswa untuk membantu merangkai sel surya ini. Fareska Candra Lasono dan Naufal Ahmad Nabil A. siswa kelas XI.J berkesempatan untuk praktik langsung merakit sel surya tersebut. Dalam kesempatan tersebut Maranatha Gloria Safitri siswa kelas XI.I juga tidak menyia-nyiakan waktu untuk menanyakan mengenai pemanfaatan sel surya. (Red)

 

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru