Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PKKS TAHUN 2023

Terbit : Selasa, 19 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan— Bertempat di ruang Lab. Biologi, pada hari Selasa (5/12) SMA Negeri 1 Pejagoan melakukan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) tahun 2023. kegiatan ini dibuka secara seremonial pada pukul 09.00 WIB. Selain guru/karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan, kegiatan PKKS ini juga dihadiri oleh komite sekolah dan penilai PKKS yaitu pengawas SMA Cabdin IX Provinsi Jawa Tengah, Khoerul Anwar, S.Pd.

PKKS merupakan bagian sistem dunia pendidikan yang bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi mutu pendidikan di negara ini. Program ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan satu kali dalam satu tahun kepemimpinan seorang kepala sekolah. Walaupun bertujuan untuk menilai kinerja kepala sekolah, sejatinya PKKS bukan hanya untuk menilai kinerja kepala sekolah saja. Setiap ekosistem yang ada dalam sekolah dinilai melalui PKKS ini, seperti supervisi dan progam-program lainnya. Adanya program ini diharapkan mutu pendidikan di negara kita akan menjadi lebih baik.

Mengutip dari laman detiknews.com, setiap sumber daya manusia (siswa) yang dihasilkan oleh sekolah tentu akan berdampak kepada kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini tentu tidak bisa dikerjakan sendirian oleh kepala sekolah, tetapi harus dilakukan bersama-sama oleh para guru serta semua ekosistem di dalam sekolah tersebut. Hal yang paling penting adalah harus melibatkan orang tua sebagai salah satu stakeholder di dalam dunia pendidikan.

Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan kedua setelah keluarga akan menghasilkan SDM yang unggul karena mempunyai ekosistem yang bagus, baik di tingkat keluarga (orang tua/wali murid) maupun dibentuk oleh lingkungan sekolah di dalam sekolah tersebut. Semua ini dapat terlaksana dengan baik oleh kepemimpinan kepala sekolah yang berwibawa dan cerdas.  Apapun hasil PKKS 2023 ini semoga bisa menjadi pelecut semangat untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang Sesarengan sehingga terciptalah sumber daya manusia (siswa) Smanja yang Teruji secara kompetensi, keterampilan, dan sikapnya. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar