Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN WALI SISWA MENJELANG LIBURAN SEMESTER GASAL TAHUN 2023/2024

Terbit : Rabu, 20 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Menyambut liburan sekolah semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan kemitraan sekolah dengan wali siswa kelas X, XI, dan XII. Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana koordinasi pihak sekolah dengan wali siswa tentang kegiatan di masa liburan. Bertempat di Aula sekolah, acara yang diselenggarakan pada hari Jumat, 16 Desember 2023 ini dibagi menjadi tiga sesi. Pukul 07.30 – 08.30 WIB, sesi pertama dilaksanakan dengan peserta wali siswa kelas X. Pukul 09.00 – 10.00 WIB, sesi kedua dengan peserta wali siswa kelas XI, dan pukul 13.00 – 14.00 WIB, sesi ketiga dengan peserta wali siswa kelas XII.

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. selaku Kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas kehadiran wali siswa kelas X, XI, dan XII. Selanjutnya beliau mengajak seluruh wali siswa untuk membiasakan mengucapkan tiga kata sakti di rumah, yaitu: maaf, tolong, dan terima kasih. Hal tersebut merupakan pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa mulai dari rumah sampai dengan sekolah.

Sambutan berikutnya, Ibu Titi Nurhadiyatun, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan kepada wali siswa kelas X tentang pemilihan mata pelajaran. Mulai dari sekarang orang tua/wali siswa diharapkan sudah mulai mendiskusikan mata pelajaran yang diminati, cita-cita, maupun rencana studi lanjut ke perguruan tinggi putra putrinya. Sebagai antisipasi, jika orang tua/wali siswa mengalami kesulitan, sekolah terbuka memberi masukan melalui Tim BK untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.

Selanjutnya, Ibu Titi memaparkan tentang projek ke 5 bagi kelas XI yang akan dilaksanakan pada bulan Januari minggu ke-2 dengan mengusung tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI. Dalam kegiatan kemitraan kelas XII, Ibu Titi memaparkan tentang persiapan siswa kelas XII menghadapi SNPMB melalui jalur SNBP dan SNBT. Dukungan dan motivasi dari orang tua/wali sangat diperlukan agar kegiatan pembelajaran bagi kelas XII yang tinggal beberapa minggu dapat berjalan lancar dan para siswa dapat menyelesaikan studi di SMA Negeri 1 Pejagoan untuk kemudian mempersiapkan studi lanjut ke perguruan tinggi.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ibu Elin Marlina, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada seluruh wali siswa agar tidak membiarkan anak-anaknya terus bermain Hp selama liburan sekolah. Sangat diharapkan agar orang tua bisa mengarahkan putra-putrinya melakukan kegiatan yang bersifat positif guna mengisi liburan sekolah. Berikutnya, beliau mengingatkan wali siswa kelas X bahwa selama liburan ada kegiatan menulis skenario film yang diubah menjadi cerpen ataupun novel. Sedangkan bagi siswa kelas XI, siswa mempunyai PR menulis buku dengan tema Harapan dan Cita-cita. Tidak jauh beda, bagi wali siswa kelas XII juga diingatkan bahwa putra-putrinya memiliki PR menyusun buku dengan tema Kisah Klasik di Smanja.

“Sekolah telah menyelenggarakan kegiatan workshop penulisan bagi kelas X, XI, dan XII. Kami telah mengundang narasumber nasional untuk membimbing putra/putri bapak ibu untuk berliterasi dengan melatih mereka berkarya dengan menulis buku. Harapan sekolah berikutnya adalah tentang manajemen waktu dan manajemen finansial. Putra putri Bapak Ibu bukan tidak boleh lilburan, akan tetapi mengatur waktunya agar penulisan buku bisa terselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Setelah buku selesai ditulis, tentunya mereka berkeinginan untuk mencetak buku tersebut. Dalam proses pencetakan buku pastinya memerlukan biaya guna mengurus ISBN dan proses cetak. Dari hal tersebut, tentunya managemen keuangan sangat diperlukan”, ungkap ibu Elin.

Di akhir sambutannya, ibu Elin menambahkan pesan dari Kasatlantas Polres Kebumen untuk tertib berlalu lintas (gerakan zero knalpot brong). Seluruh warga masyarakat dihimbau untuk mau mematuhi tat tertib sehingga tidak terkena razia karena motor yang terkena razia akan ditahan selama 2 minggu.

Hadirnya kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan jalinan kerja sama antara sekolah dengan wali siswa. Peran orang tua/wali dalam pengawasan dan pendidikan anak-anak saat liburan sangat dominan sehingga diharapkan mereka dapat mengarahkan untuk melakukan banyak hal positif di rumah. Hal tersebut diharapkan bisa menekan kenakalan remaja dan pergaulan bebas pada masa liburan sekolah. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru