Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

AS-SSIK, AYO SMANSA SESARENGAN SINAU IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Terbit : Sabtu, 30 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Menutup tahun 2023, SMA Negeri 1 Pejagoan berkolaborasi dengan SMA Negeri 1 Purworejo menggelar kegiatan yang diberi tajuk AS-SSIK (Ayo SMANSA, Sesarengan Sinau Implementasi Kurikulum Merdeka). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Desember 2023 ini diikuti oleh seluruh guru karyawan SMAN 1 Pejagoan, Komite Sekolah yang diwakili oleh H. Zubair Syamsu, S.Sos beserta H.D. Sriyanto, S.H., M.H., M.Hum., dan tujuh belas Tim Manajemen SMAN 1 Purworejo, berlangsung semarak dan penuh dengan nuansa kekeluargaan.

Menyambut rombongan SMAN 1 Purworejo, Fatimatuzahrani Arasih dan Anizahra, siswa Ekstra Tari SMAN 1 Pejagoan, menampilkan Tari Mangestuti. Kemudian, menuju aula sekolah, rombongan tamu disambut oleh bapak/ibu guru karyawan beserta pengurus OSIS, dan juga Arjuna-Srikandi Smanja yang menampilkan gaun-gaun hasil kreasi kelas dalam lomba Kostum Daur Ulang dalam kegiatan classmeeting akhir semester 1 yang bertema Mariposa (Maju Berprestasi dalam Pekan Olahraga, Seni, Sains, dan Sastra Smanja). Memasuki aula sekolah, rombongan disuguhi welcome drink berupa pujasera khas Kebumen dengan diiringi perform “Suddenly Band” yang membawakan dua buah lagu pop yang easy listening.

Selanjutnya, opening ceremoni dibuka pukul 09.20 WIB yang berlanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Sebagai pembuka acara menyambut rombongan, H. Zubair Syamsu, S.Sos., selaku Komite Sekolah menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus rasa terima kasih yang tak terhingga karena Tim Manajemen SMA Negeri 1 Purworejo berkenan mengunjungi SMA Negeri 1 Pejagoan yang bisa dikatakan merupakan sekolah pingiran dan kalah jauh dari SMA Negeri 1 Purworejo. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kedatangan rombongan SMA Negeri 1 Purworejo merupakan suatu kehormatan yang luar biasa dan berharap bapak/ibu guru karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan dapat “ngangsu kawruh” dalam kegiatan ini.

Berikutnya, kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M. Eng., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran rombongan SMA Negeri 1 Purworejo. Beliau menyampaikan bahwa kehadiran rombongan merupakan kejutan manis penutup tahun 2023 dan merupakan kesempatan luar biasa bagi SMA Negeri 1 Pejagoan untuk dapat belajar bersama dengan sekolah yang sudah terkenal kredibilitasnya ini. Selanjutnya, beliau juga memperkenalkan secara singkat mengenai SMA Negeri 1 Pejagoan, mulai dari guru karyawan, tim manajemen, peserta didik, dan lingkungan sekolah. Hal ini bertujuan agar rombongan SMA Negeri 1 Purworejo mempunyai gambaran mengenai situasi kondisi serta segala aspek yang melingkupi SMA Negeri 1 Pejagoan. Selain ucapan terima kasih, beliau juga meminta maaf jikalau dalam melakukan penyambutan terdapat kekurangan.

Senada dengan Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, Nur Aziz, S.Pd., M.Pd.BI, selaku Kepala SMA Negeri 1 Purworejo menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen SMA Negeri 1 Pejagoan beserta Komite Sekolah yang telah menyambut kedatangan rombongan dengan semarak dan penuh kekeluargaan. Beliau beserta rombongan tidak menyangka bahwa kehadiran mereka akan disambut begitu antusias oleh keluarga besar SMA Negeri 1 Pejagoan. Selanjutnya, beliau berharap kehadirannya beserta rombongan dapat menjalin silaturahmi dan dapat saling berbagi ilmu serta pengalaman di dunia didik, mendidik, dan pendidikan. Beliau berprinsip bahwa selalu ada hal baik yang dapat digali dari sekolah sekecil apapun. Oleh karena itu, secara gamblang beliau memaparkan bahwa tujuan rombongan adalah untuk menggali praktik baik yang ada di SMA Negeri 1 Pejagoan dan berharap apa yang didapatkan dapat diterapkan di SMA Negeri 1 Purworejo dengan penyesuaian-penyesuaian yang sesuai dengan ekosistem sekolah.

Memasuki inti acara, dipaparkan berbagai kegiatan yang ada di SMAN 1 Pejagoan dan bagaimana kegiatan-kegiatan tersebut terlaksana. Paparan pertama disampaikan oleh Drs. Rakhmat Supriyadi mengenai Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berbasis data Rapor Pendidikan. Dalam paparannya tersebut, Drs. Rokhmat menyampaikan alur pembuatan RKAS hingga terlaksananya program-program tersebut beserta tindak lanjut dari keterlaksanaannya. Disampaikan pula bahwa tim TPPS selaku pengembang RKAS bertugas mengapit tim manajemen sekolah untuk berjalan bersama menuju tujuan sekolah yang ingin dicapai. Menyambung paparan Drs. Rokhmat Supriyadi, Waka Kurikulum, Titi Nurhadiyatun, S.Pd. juga menyampaikan program-program yang telah dan akan dilakukan. Program tersebut misalnya, projek P5, pendampingan kelas XII, peminatan, dan projek kolaborasi antarmapel.

Sebagai penutup kegiatan inti, dipaparkan mengenai program-program kesiswaan oleh Elin Marlina, S.Pd., selaku Waka Kesiswaan. Beliau memaparkan budaya-budaya positif yang telah diterapkan sebagai upaya mewujudkan tagline sekolah SESARENGAN (Sekolah Sehat, Aman, Ramah dan Menyenangkan) guna mendukung pencapaian visi dan misi sekolah. Dijelaskan pula program kesiswaan yang berkaitan dengan budaya positif antara lain Upacara Bendera di Hari Senin, Program Literasi Digital (Get it Smart) di hari Selasa dan Kamis, Gerakan Pembiasaan Rabu Ekspresi Kita (Geprek) di hari Rabu dengan pembagian, Rabu Ringkas dan Resik di minggu pertama, Rabu Sehat dengan senam dan jalan sehat di minggu kedua, Rabu Sabar (sarapan bareng) di minggu ketiga, dan Panggung TTS (Tidak Takut Salah) di minggu keempat, serta kegiatan positif terakhir bagi siswa di hari Jumat yaitu Jus Tomat (Jumat Semangat Tingkatkan Orientasi Iman dan Taqwa). Selain itu, dipaparkan pula program-program berkaitan dengan salah satu visi sekolah yaitu kewirausahaan. Realisasi program ini antara lain adanya Tiramisu (Kantin Sehat Milik Siswa Unggul) dan Tomsis (Toko Milik OSIS), serta berbagai program lainnya. Melengkapi pemaparan materi tersebut, ditampilkan talent-talent hasil dari budaya-budaya positif tersebut, antara lain Ananda Dannur Septiadi yang menyampaikan Kultum serta perform solo song oleh Eka Aulia Putri. Kegiatan kunjungan ditutup dengan ramah tamah antara rombongan SMA Negeri 1 Purworejo dengan guru/karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan yang diisi dengan karaoke bersama.

Banyak hal positif yang dapat dipetik dengan adanya kunjungan tim manajemen SMA Negeri 1 Purworejo. Satu hal yang pasti bahwa menjadi besar bukan berarti harus melupakan yang kecil. Alangkah indah dan eloknya ketika yang besar merangkul dan berjalan beriringan bersama yang kecil. Melangkah dan menapaki mimpi yang sama meskipun dalam keberbedaan. Semoga silaturahmi yang terjalin antara SMA Negeri 1 Pejagoan dengan SMA Negeri 1 Purworejo dapat meleburkan stigma sekolah besar dan sekolah kecil (pinggiran) untuk SESARENGAN berkontribusi memajukan pendidikan Indonesia yang TERUJI. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru