Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PELANTIKAN ANGGOTA PMR ABDIWIRATAMA ANGKATAN KE-14

Pejagoan – PMR Abdiwiratama merupakan wahana mengembangkan bakat siswa dalam bidang kepalangmerahan di tingkat sekolah. Program pelatihan melalui siklus pembinaan PMR Abdiwiratama yaitu, meliputi: perekrutan anggota, Pelatihan, melaksanakan tri bhakti PMR, pelantikan dan penghargaan. Kegiatan Pelantikan Anggota PMR Angkatan Ke-14 tahun pelajaran 2022/2023 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Juni 2023, mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB di Unit SMA Negeri 1 Pejagoan dengan jumlah peserta anggota PMR kelas X sejumlah 45 siswa, Asbin 26 siswa, undangan tamu OSIS, Pramuka, serta bapak/ibu pembina.

Kegiatan pelantikan dilaksanakan dengan tujuan agar anggota PMR dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepalangmerahaan di tingkat Wira setelah selama dua semester mengikuti pelatihan. Pelantikan anggota PMR Abdiwiratama dilaksanakan dengan melalui serangkaian kegiatan seperti apel pembukaan, pengisian SKT (syarat kenaikan tingkat) tahap ketiga, serta prosesi pengambilan slayer PMI sebagai penanda telah dilantik sebagai anggota PMR.

Kegiatan pengisian SKT dilakukan di sekitar lingkungan sekolah dengan peserta yang dikelompokkan menjadi enam. Setiap  kelompok harus melintasi tujuh posko yang mereka lalui, yaitu posko ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pertolongan pertama, sejarah PMI, baris berbaris, pembuatan dragbar, siaga bencanan, donor darah. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Setelah jeda istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan pengambilan slayer. Sebagai syarat ditandainya pelantikan, peserta diminta mencari batu yang sudah diberi tanda sebelumnya oleh Asbin. Peserta mencari batu tersebut di sekitar taman depan kelas X.1-6. Setelah mendapatkan batu, peserta mengikuti prosesi siraman dilanjutkan memegang pucuk bendera merah putih dan bendera PMI sebagai ujud kecintaan kepada negara dan organisasi PMR. Semua peserta mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan kegembiraan.

Rangkaian kegiatan pelantikan ditutup dengan Apel penutupan yang dipandu oleh Ibu Elin Marlina, S.Pd selaku waka kesiswaan. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada anggota PMR yang sudah mengikuti beberapa tahapan kegiatan pelantikan anggota PMR dengan lancar dan berhasil mendapatkan slayer.

“Pelantikan anggota PMR bukanlah akhir dari segala kegiatan pembelajaran kepalangmerahan, akan tetapi menjadi langkah awal anggota PMR untuk melaksanakan misi kemanusiaan di bidang kesehatan sekolah. Setelah dilantik, diharapkan anggota PMR terus berlanjut mendapatkan pembinaan dan pelatihan supaya menjadi tenaga kesehatan sekolah yang masuk ke dalam Asbin sebagai generasi penerus  kepengurusan  PMR Abdiwiratama di Unit SMA Negeri 1 Pejagoan,” ujarnya.

Di akhir apel, Ibu Elin Marlina melepas tanda peserta dan dilanjutkan penyematan slayer secara simbolis kepada peserta. Kegiatan ini sekaligus menandai berakhirnya rangkaian kegiatan Pelantikan Anggota PMR Abdiwiratama angkatan ke-14. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru