Info Sekolah
Sabtu, 18 Mei 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

GEBYAR MERDEKA BELAJAR DALAM RANGKA PERINGATAN HARDIKNAS 2024

Terbit : Jumat, 3 Mei 2024 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2024, SMA Negeri 1 Pejagoan menyelanggarakan Gebyar Merdeka Belajar. Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud implementasi P5 Kewirausahaan dengan kegiatan Praktik Event Organizer dan Wirausaha Mandiri yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis s.d Jumat (2 – 3 Mei 2024) ini juga sebagai bentuk implementasi upaya pencapaian visi sekolah yakni Berkarakter Unggul dan Berjiwa Wirausaha (Teruji) oleh para siswa. Bekal ilmu kewirausahaan yang telah dipelajari di kelas sebelumnya, mereka implementasikan langsung dalam praktik wirausaha mandiri dengan menjual berbagai makanan seperti jajajan tradisional, ataupun jajanan kekinian dan minuman yang merupakan hasil olahan mereka sendiri.

Bagi kelas XI, kegiatan ini sebagai bekal mereka kelak di kelas XII dalam melaksanakan kegiatan P5 yang bertema Kewirausahaan. Sedangkan bagi kelas X, kegiatan ini berguna untuk mengasah jiwa entrepreneurship sejak dini yang tentunya juga masuk dalam penilaian. Antusiasme yang tinggi dari warga sekolah ditunjukkan dengan ramainya kunjungan ke stand-stand yang menyediakan berbagai jajanan.

Adanya kegiatan praktik kewirausahaan ini, selain melatih jiwa wirausaha sejak dini, juga membuat para siswa belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup yang kecil. Selain itu, mereka juga belajar bersikap jujur, kreatif, mau bekerjasama, bertanggung jawab dan pantang menyerah serta tentunya belajar mengaplikasikan ilmu ekonomi dan kewirausahaan yang didapatkan dari pembelajaran di kelas.

Semoga kegiatan ini semakin memotivasi siswa untuk meraih mimpi dan sebagai bekal kesuksesan di masa depan serta menjadi momentum lahirnya para entrepreneur muda yang kelak akan menciptakan lapangan pekerjaan baru demi kemajuan Indonesia. (Red)

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru