Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PELANTIKAN DEWAN KERJA GUDEP 15.85.86 SMA N 1 PEJAGOAN MASA BAKTI 2023/2024

Pejagoan – Dewan Kerja Ambalan adalah suatu wadah pembinaan kepemimpinan yang terdiri dari para pramuka penegak yang sudah dilantik dan bertugas merencanakan, mengelola, serta menggerakkan kegiatan di ambalan yang bersangkutan dengan bimbingan pembinanya. Pembentukan dewan ambalan bertujuan memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakkan dan pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pramuka penegak untuk mencapai tujuannya.

Bertempat di lingkungan sekolah, Gudep 15.85.86 pangkalan SMA Negeri 1 Pejagoan SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan Pelantikan Dewan Kerja Ambalan untuk masa bakti 2023/2024 selama dua hari, 4 dan 5 Agustus 2023. Bertindak selaku pembina, Erna Umu Nurlaela, S.Pd.,M.Eng, kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, sekaligus membuka kegiatan pada pukul 13.30 WIB. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan agar murid-murid yang akan dilantik bisa menjadi panutan dan siap menjaga nama baik sekolah, tentunya dengan berpegang teguh pada Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Setelah upacara bendera, kegiatan dilanjutkan dengan pendirian tenda. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah skill calon dewan kerja dalam menerapkan materi pioneering yang telah mereka dapatkan selama menjadi andik (anak didik).

Di malam hari, setelah melaksanakan ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan upacara api unggun dengan pembina Bayu Damar Nusantara, S.Pd. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan, “Ambillah pelajaran penting dari semangat api unggun. Pelajaran pertama, anggota Pramuka harus selalu menjadi pelopor kebaikan yang mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan sekaligus manjadi teladan baik bagi orang lain seperti api yang memberikan penerangan dalam kegelapan. Selanjutnya, hendaklah anggota pramuka bisa menjadi seperti api yang selalu memberikan kehangatan saat kedinginan dalam hidup bermasyarakat. Memberikan manfaat seluas-luasnya bagi orang sekitar karena dengan itu akan banyak orang yang merasa senang dan bahagia”.

Kegiatan di hari kedua,  diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan time work. Setelah itu, seluruh calon dewan kerja mendapatkan materi mitigasi bencana dan damkar, yang disampaikan langsung oleh narasumber dari BPBD serta Dinas Pemadam Kebakaran. Seluruh peserta nampak antusias mengikuti kegiatan karena tidak hanya mendapatkan teori, melainkan juga melaksanakan praktik.

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pelantikan dewan, selanjutnya seluruh calon dewan kerja yang berjumlah 38 peserta dilantik menjadi dewan kerja ambalan. Prosesi pelantikan ini dilakukan dengan mengucapkan janji Pasusja serta Tri Satya dan Dasa Dharma. Selanjuntnya, pembina menyematkan tanda ambalan. Hal ini menandakan bahwa seluruh calon dewan ambalan sudah secara resmi dilantik sebagai dewan kerja Gudep 15.85.86 pangkalan SMA Negeri 1 Pejagoan. Semoga dewan kerja ambalam yang telah dilantik dalam bertugas merencanakan, mengelola dan menggerakkan kegiatan di pangkalan SMA N 1 Pejagoan dengan baik. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat